Calendar

August 2017
SunMonTueWedThuFriSat
 << < > >>
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Announce

Who's Online?

Member: 0
Visitor: 1

rss Syndication

26 Aug 2015 - 02:26:03 am

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Pekerjaan secara baik mesti dicari. Meskipun sudah bekerja pun, kita boleh-boleh saja menambah tingkatan yang sekiranya tak mengganggu pekerjaan lainnya. Asalkan dapat mengikat waktu, semua akan terlaksana dengan cantik. Bahkan, kita malahan akan mendapatkan khasiat lebih, seperti perkiraan bertambah, terpikir guna melakukan manajemen dengan baik, dan tentunya bertamban pintar. Beserta mempunyai pekerjaan bertambah dari satu, aku menjadi lebih subur dan produktif.


Hamba pun melakukan hal yang sama. Saya sudah biasa mempunyai profesi utama sebagai pengajar. Tapi, saya mempunyai beberapa pekerjaan yang bersinergi dengan profesiku, seperti menjadi pengajar pada lembaga swasta, penyunting buku, dan wajar menjadi penulis jurnal. Banyak kawan terpesona tentang kondisi ini. Gimana saya dapat mengatur waktu sehingga segala pekerjaan dapat terlakukan dengan baik? Ah, tidak ada yang sukar selagi masih memiliki kemauan. Begitulah beta menjawab pertanyaan dan keraguan itu.




Semasa saya ingin mencampur pekerjaan baru, beta pun menulis surah lamaran kerja. Begitu menulis surat lamaran kerja tersebut, aku perlu memerhatikan tiga hal, yaitu ketertiban berbahasa, sistematika, dan media penulisan tembusan. Saya akan berbagi tips ketiganya dgn Anda dan segenap pembaca yang suka. Berikut contoh surat lamaran.


Tips 1: Kesantunan Bercakap-cakap


Surat lamaran sikap ditulis mesti secara bahasa yang tertib, yaitu bahasa yang mencerminkan kerendahhatian meskipun dibolehkan dengan tata susila optimisme. Kesantunan bersusila ini ditunjukkan secara pemakaian kata ganti saya atau kami, denotatif, dan patokan. Sebaiknya pelamar menghindari pemakaian kata ganti aku, pemakaian kata konotatif, dan bahasa gaul atau cara.


Tips 2: Sistematika Penulisan


Surat permohonan pekerjaan termasuk surah pribadi yang ditulis dengan bahasa resmi atau formal. Oleh karena itu, pelamar perlu menyibukkan sistematika penulisan surat. Surat lamaran sikap mempunyai tiga seksi utama, yaitu bagian awal, inti, & penutup. Bagian prolog berisi tempat & tanggal surat, rupa pekerjaan yang dilamar, dan alamat surah. Tempat menyebut petunjuk setidaknya tingkat kecamatan. Tanggal ditulis secara angka-bulan-tahun. Alamat ditulis dengan menyebut yth, jabatan, instansi, serta alamat instansi.


Bagian inti awal besar perut sumber informasi serta identitas pelamar. Atas manakah informasi lowongan kerja diperoleh? Apakah dari iklan, saksi lisan, atau tanpa informasi? Ketiga sumber informasi itu sangat menentukan bahasa surah. Identitas pelamar sepantasnya cukup mencakup lima informasi jenis, yakni nama lengkap, usia, pendidikan, alamat, dan nomor telepon. Potongan inti ditutup per rincian lampiran secara disertakan.


Bagian puncak berisi optimisme pelamar, harapan, ucapan tiru kasih, dan tanda tangan serta seri terang. Sikap optimisme pelamar perlu ditulis agar penerima permohonan membaca kelebihan & atau bentuk komitmen pelamar. Biasanya ekspresi ini disertai dengan harapan pelamar. Pelamar pun perlu mengantarkan ucapan terima sayang. Jangan lupa diakhiri dengan tanda tangan dan nama terang. Jika ditulis serta dikirim dengan email, tentunya tanda tangan tidak perlu di-scan, tetapi dikosongkan sekadar.


Tips 3: Prasarana Penulisan Surat


Surah lamaran kerja sepatutnya ditulis dengan computer kecuali diharuskan dengan tulisan tangan. Kalau ditulis dengan computer, sebaiknya menggunakan font Times New Kisah 12 atau Arial 12 dengan keuntungan batas atas-bawah-kanan-kiri (4x3x3x4). Jika ditulis tangan, hendaknya surat ditulis dengan menggunakan folio bergaris, diatas padan atau batas atas-bawah-kanan-kiri (3x2x2x3). Selain tersebut, pelamar menulis surat mesti menggunakan kalam bertinta hitam.


Demikianlah saya menulis tembusan lamaran kerja. Mudah-mudahan terasa lebih puguh, saya melampirkan salinan surat lamaran komitmen yang pernah aku gunakan

Admin · 1494 views · Leave a comment

Permanent link to full entry

http://mrbisnisbagus.sosblogs.com/The-first-blog-b1/Tips-Menulis-Surat-Lamaran-Kerja-b1-p128.htm

Comments

No Comment for this post yet...


Leave a comment

New feedback status: Published





Your URL will be displayed.


Please enter the code written in the picture.


Comment text

Options
   (Set cookies for name, e-mail and url)