Calendar

September 2015
SunMonTueWedThuFriSat
 << <Jun 2017> >>
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Announce

Who's Online?

Member: 0
Visitor: 1

rss Syndication

Posts sent on: 2015-09-02

02 Sep 2015 

Rencana Membuat Ijin Bisnis? Seperti ini Caranya

Untuk anda yang sudah mempunyai usaha namun demikian belum mempunyai validitas, atau bagi yang mau mempunyai usaha sebaiknya bisnis kamu dilengkapi dengan legalitas. Kenapa? Sebab realitas bagi seorang entrepreneur bagaikan SK bagi pegawai. Dan lamun usaha kita sasaran naik kelas dan bisa bankable kesahihan adalah persyaratan dengan wajib dimiliki. Jika anda mau mencetuskan pinjaman ke bank misalnya, dan status anda sebagai pengusaha maka pihak bank akan menanyakan legalitas. Kalau tidak punya? jangan harap engkau dipercaya bahwa jual beli telah berjalan sekian tahun. Karena pihak bank melihat saat berdirinya usaha menurut akta notaris, tak berdasarkan pengakuan semata.


Sulitkah mengurus perijinan usaha? Tergantung. Tegantung pada kemauan serta kesabaran. Ya nafsu pretensi dan kesabaran, tanpa kemauan ya tak akan pernah punya perijinan. Dan tanpa toleransi biaya mendirikan cv bisa-bisa bukan perijinan yang didapatkan menyendirikan rasa sebel, palak dan benci di petugas yang katanya melayani tapi dengan terjadi adalah dilayani. Huh!


Perijinan perusahaan secara umum meliputi:


1. Akta Notaris


Apapun bentuk usahanya PT, CV, Fa, Koperasi, UD dsb pasti hal pertama dalam perijinan adalah akta notaris. Akta Notaris ini disusun oleh Notaris. Oleh sebab itu kalau mau menciptakan akta notaris datang aja ke notaris. Tapi jangan terbalik sebelum membuat surat notaris persiapkan dulu; 1- Bentuk badan patokan (PT, CV, / yang lainnya), 2- Nama perusahaannya (Untuk PT harus 3 kata). 3- Siapa yang menjadi Komisaris, Direktur Utama, Kepala dll. 4- Buatan modal awalnya -khusus PT- (perusahaan mungil sampai 200jt, industri menengah 200 jt-500 jt, perusahaan buntal lebih dari 500jt) 5. Biasanya notaris akan mengecek nama yang kita usikan -jangan sampai seri tersebut sudah ada- kalau belum terselip yang pakai & setelah dinyatakan sesuai oleh kita -kalau ada koreksian- dibuatlah akta notaris tersebut. Dan jangan khlaf juga harus tertulis usaha yang terlalu akan kita jalani. Untuk biayanya bukan sama setiap notaris. Bisa-bisanya kita mensyaratkan. Dan pengalaman hamba untuk CV, Notaris mau Rp 500. 000 untuk PT agak mahal, mintanya Rp 1. 000. 000.


2. Tembusan Keterangan Domisili Jual beli (SKDU)


SKDU itu dibuat di kelurahan, ada form nya kok! Dan kudu diperpanjang setiap tahun. Tempatnya di kelurahan dimana tempat usaha/kantor usaha kita itu berada. Dan buat PT biasanya dalam survey kebenaran akan kantor usahanya tidak boleh di griya, atau fiktif.


3. Membuat NPWP & Surat Keterangan Terdaftar




Yang mengeluarkan NPWP dan surat keterangan terdaftar (untuk CV) itu kantor pajak. Maka datang aja ke kantor pajak yang ada dalam daerah tempat aku membuat SKDU. Cari kantor pajaknya wilayah/daerah mana. Di sini puas nih.. tanpa ongkos alias gratis, NPWP juga langsung oleh karena itu. Tapi.. kalau gak melaporkan pajak tahun di denda Rp 500. 000,. Makanya wajib lapor serta jangan telat!


4. Pengesahan Akta Notaris


Untuk PT disahkan oleh kementerian menyandarkan dan HAM oleh dirjen AHU. Tersebut nih.. mulai terkaan sulit dan hati2 banyak calo pada sana dan prosesnya lamaaa. Kalau sasaran cepat kasih uang tambahan ke aparat pasti didahulukan (bisa diatur). Biayanya sekitar Rp 1 jt an..

Admin · 4071 views · Leave a comment
02 Sep 2015 

Hendak Membuat Ijin Bisnis? Begini Caranya

Untuk anda yang tutup mempunyai usaha namun belum mempunyai legalitas, atau bagi dengan mau mempunyai usaha sebaiknya bisnis kamu dilengkapi dengan kesahihan. Kenapa? Sebab realitas bagi seorang entrepreneur bagaikan SK untuk pegawai. Dan asalkan usaha kita mau naik kelas dan bisa bankable validitas adalah persyaratan dengan wajib dimiliki. Bahwa anda mau menyiapkan pinjaman ke bank misalnya, dan tempat anda sebagai juragan maka pihak bank akan menanyakan legalitas. Kalau tidak memiliki? jangan harap kamu dipercaya bahwa jual beli telah berjalan sekian tahun. Karena pihak bank melihat kapan berdirinya usaha menurut akta notaris, sungguh berdasarkan pengakuan semata.


Sulitkah mengurus perijinan usaha? Tergantung. Tegantung pada kemauan & kesabaran. Ya keingin hati dan kesabaran, tanpa kemauan ya tak akan pernah punya perijinan. Dan tanpa kesabaran cv perusahaan bisa-bisa bukan perijinan yang didapatkan sedangkan rasa sebel, palak dan benci pada petugas yang katanya melayani tapi yang terjadi adalah dilayani. Huh!


Perijinan perusahaan secara umum meliputi:


1. Akta Notaris




Apapun bentuk usahanya PT, CV, Fa, Koperasi, UD dll pasti hal prima dalam perijinan adalah akta notaris. Sertifikat Notaris ini disusun oleh Notaris. Oleh sebab itu kalau mau membuat akta notaris visibel aja ke notaris. Tapi jangan tenggelam sebelum membuat keterangan notaris persiapkan dulu; 1- Bentuk badan pedoman (PT, CV, ataupun yang lainnya), 2- Nama perusahaannya (Untuk PT harus 3 kata). 3- Siapa yang menjadi Pengurus, Direktur Utama, Bos dll. 4- Berapa modal awalnya -khusus PT- (perusahaan kuntet sampai 200jt, perusahaan menengah 200 jt-500 jt, perusahaan besar lebih dari 500jt) 5. Biasanya notaris akan mengecek identitas yang kita perkiraan -jangan sampai pamor tersebut sudah ada- kalau belum terselip yang pakai & setelah dinyatakan sesuai oleh kita -kalau ada koreksian- dibuatlah akta notaris ini. Dan jangan khlaf juga harus tertulis usaha yang luar biasa akan kita jalani. Untuk biayanya gak sama setiap notaris. Bisa-bisanya kita mensyaratkan. Dan pengalaman beta untuk CV, Notaris mau Rp 500. 000 untuk PT agak mahal, mintanya Rp 1. 000. 000.


2. Surah Keterangan Domisili Bisnis (SKDU)


SKDU itu dibuat di kelurahan, ada form nya kok! Dan mesti diperpanjang setiap tahun. Tempatnya di kelurahan dimana tempat usaha/kantor usaha kita ini berada. Dan buat PT biasanya di survey kebenaran bakal kantor usahanya bukan boleh di bait, atau fiktif.


3. Membuat NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar


Yang mengeluarkan NPWP dan surat keterangan terdaftar (untuk CV) itu kantor pajak. Maka datang saja ke kantor pajak yang ada pada daerah tempat kalian membuat SKDU. Cari kantor pajaknya wilayah/daerah mana. Di sini gemar nih.. tanpa ongkos alias gratis, NPWP juga langsung oleh karena itu. Tapi.. kalau bukan melaporkan pajak tahun di denda Rp 500. 000,. Makanya wajib lapor & jangan telat!


4. Pengesahan Akta Notaris


Untuk PT disahkan oleh kementerian menyandarkan dan HAM menjalani dirjen AHU. Ini nih.. mulai terkaan sulit dan hati2 banyak calo dalam sana dan prosesnya lamaaa. Kalau target cepat kasih duit tambahan ke petugas pasti didahulukan (bisa diatur). Biayanya lebih kurang Rp 1 jt an..

Admin · 6801 views · Leave a comment